• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Suka Makan Lalapan Sayur, Ini Dia Asal-Usulnya

    Ilustrasi lalapan (Dok. dapurkobe.co.id)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Lalapan sayuran mentah atau sayur rebus, menjadi penambah nafsu makan, ketika disandingkan dengan makan siang di Indonesia.

    Biasanya, lalapan dinikmati dengan sambal. Beberapa sayur yang dikenal sebagai lalapan adalah selada, timun, kacang panjang, kol, kemangi, tomat, daun pepaya, daun singkong, dan masih banyak lagi lainnya.

    Sayuran ini disajikan dalam bentuk mentah untuk menemani nasi, lauk pauk, dan tentunya sambal.

    Meski kebanyakan mentah, ada beberapa bahan yang juga disajikan dengan direbus terlebih dahulu, seperti daun pepaya dan daun singkong.

    Lalapan ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lamanya. Makanan ini bahkan dimuat dalam Prasasti Taji 901 Masehi. Dalam prasasti tersebut lalapan dikenal dengan nama kuluban Sunda.
        
    Jika lalap yang dikenal saat ini berbentuk daun-daunan, ternyata pada kehidupan masyarakat Sunda tahun 30-an, lalap juga berupa umbi seperti kunyit atau kencur.

    Seperti pepaya, mentimun, dan leunca; juga bunga seperti kenikir, honje atau combrang bahkan biji-bijian seperti biji nangka dan petai.

    Lalap atau lalapan masih eksis sampai saat ini. Lalapan juga mudah ditemui di restoran maupun di pedagang kaki lima.

    Kesegaran lalap menjadi incaran para penikmat makanan, ditambah lagi dengan nutrisi yang masih utuh karena dinikmati dalam kondisi mentah.

    Bukan hanya di daerah Jawa Barat (Jabar), lalapan juga dikenal sejak lama di berbagai daerah Indonesia lainnya.