• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Indahnya Laut Biru dan Pemandangan Penyu yang Bertelur di Pulau Jemur

    Indahnya pemandangan di Pulau Jemur di Rokan Hilir Provinsi Riau (Dok. potretnews.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Melepas penat memandang indahnya lautan, langsung saja melipir ke Pulau Jemur di Kabupaten Rokan Hilir di Riau.

    Di mana, pulau ini masih belum banyak dijamah untuk dijadikan destinasi wisata alam. Penampakan kawasan pantai dengan pasir putih dan hamparan laut biru, pemandangan ini cukup menjanjikan untuk dipamerkan di beranda sosial medianya kamu.

    Pulau ini merupakan pulau terluas dari Kepulauan Arwah, dan salah satu pulau tak berpenghuni di Rohil.

    Hingga saat ini, hanya ada pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi, dan sesekali disinggahi para nelayan yang menangkap ikan.

    Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari  Ibukota Kabupaten Rokan Hilir Bagan Siapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang merupakan provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur.

    Pulau Jemur memiliki pemandangan dan panorama alam yang indah, selain  itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya.

    Di samping itu, Pulau Jemur dihuni oleh spesies Penyu. Di mana, pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai, untuk bertelur satwa langka ini dapat  bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

    Penyu Hijau merupakan penyu laut besar, yang masuk dalam keluarga Cheloniidae spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

    Namun kini jumlahnya sudah berkurang sebab perburuan tempurungnya untuk hiasan, dan telurnya sumber protein tinggi dan obat, juga sebab sulitnya berkembangan telur karena kondisi alam.