• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    BP Batam-PT TDK Electronic Indonesia Tanam Ribuan Bibit Pohon

    Lokasi penanaman bibit pohon di sekitar kawasan Waduk Duriangkang, Kabil, Nongsa, Batam Kepulauan Riau (Kepri), yang digelar BP Batam dan PT TDK Electronics (Melayupedia.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM – Dalam rangka menjaga alam, Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerjasama dengan PT TDK Electronics Indonesia melakukan penanaman pohon dan mangrove.

    Kegiatan tersebut digelar di sekitar kawasan waduk Duriangkang, Kabil, Nongsa, Batam Kepulauan Riau (Kepri), pada hari Sabtu (20/11/2021). 

    Acara tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk ‘Tree for Life’ PT TDK Electronics Indonesia. Sebanyak 1.020 batang pohon dan mangrove, ditanam di kegiatan tersebut. 

    Perwakilan PT TDK Electronics Indonesia Batam, Umama Turyama mengatakan kegiatan itu sudah berlaku sejak 2016 hingga saat ini. 

    "Fokus kami kepada pelestarian reservoir, karena kita tahu Batam ini sumber air memang sangat terbatas," ujarnya. 

    Ia menjelaskan, penanaman pohon ini untuk melaksanakan ketetapan Komite Global Compact Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tentang Lingkungan dan Pembangunan, Suistainable Development Goal 15. 

    Dari 1.020 terdiri dari 1.000 pohon yang berguna untuk penyerapan air, dan 20 batang pohon langka jenis Meranti. 

    "Empat tahun ke belakang kegiatan ini diselenggarakan internal kami saja. Tetapi tahun ini kami berkolaborasi dengan BP Batam dan juga beberapa perusahaan pemenang Anugerah Investasi 2021 kemarin," katanya.

    Tidak hanya di waduk Duriangkang saja, penanaman pohon juga rencananya dilakukan di waduk Tembesi. Sebanyak 1.000 pohon bakau (mangrove) akan ditanam di lokasi waduk Tembesi pada tanggal 5 Desember 2021.

    Penanaman pohon untuk penghijauan tersebut, lanjutnya, merupakan wujud nyata kontribusi perusahaan terhadap lingkungan yang berkelanjutan yang dilakukan secara rutin tiap tahunnya. 

    Hal ini untuk meningkatkan kondisi Daerah Tangkapan Air atau catchment area, dalam rangka meningkatkan ketahanan untuk penyediaan air dengan kuantitas, kualitas dan kontinuitas yang baik.

    Peserta yang mengikuti kegiatan penanaman pohon ini terdiri dari 120 peserta dengan melibatkan karyawan PT TDK Electronics Indonesia, Vendor dan Mahasiswa dan Siswa Binaan PT TDK Electronics Indonesia serta Komunitas Bye-Bye Plastic Bags Batam.

    Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh Wakil Kepala BP Batam, Purwiyango dan perwakilan perusahaan-perusahaan lainnya seperti PT McDermott, PT Caterpillar, PT Schneider dan PT Panasonic Indonesia.

    "Kegiatan ini menjadi upaya untuk menjaga daerah tangkapan air serta memperkuat ketahanan waduk sebagai satu-satunya sumber kebutuhan air bersih di Batam," ujar Purwiyanto.

    BP Batam sangat mengapresiasi dan menyambut baik upaya yang dilakukan oleh PT TDK Electronics Indonesia atas inisiatifnya untuk melakukan penanaman pohon/penghijauan tersebut.