• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Kepulauan Arwah, Menyimpan Pesona Wisata Bahari di Riau

    Kepulauan Arwah di Riau (Dok. halamankepri.blogspot.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Kepulauan Arwah. Namanya memang sangat unik dan sedikit menyeramkan ya!

    Tapi jangan salah, kepulauan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal-hal mistis. Bahkan, kepulauan ini justru menyimpan banyak pesona.

    Kepulauan Arwah terletak di Selat Malaka, berada di kawasan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Untuk menuju ke kepulauan ini, Anda bisa melalui kota Pekanbaru, Riau.

    BACA JUGA:

    Jangan Lewatkan Plesiran ke Pantai Berpasir Hitam yang Eksotik

    Air Terjun Bunyi, Lokasinya Tersembunyi di Tengah Hutan

    Pantai Tenggayun, Wisata Unik ke Rumah Ikan Milik Nelayan di Riau

    Dari pusat kota Pekanbaru, kamu bisa langsung menuju ke Pelabuhan Bagansiapiapi. Dari pelabuhan ini, kamu bisa menyewa perahu atau speedboat untuk menuju ke lokasi.

    Harga sewanya cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000 per orang, dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan.

    Kepulauan Arwah merupakan sebuah gugusan pulau, yang terdiri dari sembilan pulau kecil yakni Pulau Jemur, Pulau Batu Mandi, Pulau Batu Berlayar, Pulau Batu Adang, Pulau Tokong Pucung, Pulau Tokong Simbang, Pulau Tokong Mas, Pulau Labuhan Bilik dan Pulau Pertandangan.

    Kepulauan ini memang memiliki panorama yang sangat indah. Pantai dan lautnya pun masih cukup bersih dan asri.

    Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di kepulauan ini, di antaranya snorkeling di beberapa spot terbaiknya, diving hingga memancing.

    Dari kesembilan gugusan pulau yang ada di Kepulauan Arwah ini, Pulau Jemur-lah yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan.

    Pulau Jemur merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun di dalam pulau ini terdapat sebuah pos pantau milik TNI AL.

    Selain itu pulau ini juga sering dijadikan sebagai tempat persinggahan sejenak, bagi para nelayan. Pulau Jemur juga digunakan sebagai lokasi penangkaran penyu hijau.