• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Makam Koto Tinggi, Tempat Sultan Syarif Hasyim Bersemayam

    Komplek Pemakaman Koto Tinggi di Riau (IST)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Selain wisata bahari, Provinsi Riau juga memiliki banyak wisata sejarah. Salah satunya, Makam Koto Tinggi, situs sejarah Kerajaan Siak yang bisa dikunjungi selama berplesir di Kota Siak.

    Komplek pemakaman ini merupakan makam raja-raja Siak.Di antaranya Makam Sultan Syarif Hasyim, yang merupakan ayah dari Sultan Syarif Kasim II dan para keluarganya.

    Komplek pemakaman ini berada tak jauh dari Istana Siak, atau Istana Asserayah Hasyimiah. Lokasinya berada di Kabupaten Siak Sri Indrapura, tepatnya di sebelah timur komplek istana. Jadi.

    Selain berkunjung ke istana, para pengunjung juga bisa sekalian mampir ke komplek pemakaman tersebut.

    Bangunanan komplek Makam Koto Tinggi Siak tersebut, memiliki luas 15 x 15 meter persegi. Bangunannya didominasi warna putih, dengan tulisan kaligrafi berwarna emas dan cat dasar berwarna hijau pada bagian-bagian pilar makam.

    Makam di komplek ini terbuat dari batuan marmer, yang diselingi dengan bahan kayu di beberapa bagiannya.

    Ornamen yang digunakan pada ukiran bangunan ini pun terbilang unik dan rumit. Tulisan-tulisan ayat Al Quran terlihat di beberapa bagian sisi tiang dan bangunan.
     
    Pada bagian gerbang bangunan, dibangun sebuah gapura berwarna kuning yang bertuliskan ‘Makam Koto Tinggi’.

    Bangunan itu dikelilingi pagar berwarna kuning. Bagian dinding bangunannya berwarna putih, dengan warna atap hijau yang memiliki makna religius.