• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Gagahnya Kapal HSC Milik Bakalan RI, Berkecepatan 65 Knots

    Kapal High Speed Craft (HSC) milik Bakalan RI (Melayupedia.com)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Kapal High Speed Craft (HSC) karya putra bangsa, resmi jadi milik Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI).

    Kapal dengan nomor lambung HSC 32-02 tersebut diresmikan, dengan penekanan sirine dan pengguntingan pita yang dipimpin langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

    Peresmian tersebut digelar di dermaga PT. Palindk Marine Shipyard, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (3/11/2021).

    Menurut Kepala Bakamla RI Laksdya TNJ Aan Kurnia, kapal HSC ini merupakan kapal kedua yang dimiliki Bakamla RI.

    Dan juga sangat diandalkan dalam penegakan hukum, khususnya di wilayah pesisir selat Malaka yang berbatasan dengan negara Tetangga.

    "Karena di daerah tersebut juga sangat terbuka sehingga memiliki potensi ancaman penyelundupan," ujarnya. 

    Dia mengatakan, karakteristik penyelundupan saat ini bergerak dengan menggunakan kapal berkecepatan tinggi l, sehingga untuk menghadapinya diperkukan aset Patroli yang juga memiliki kecepatan tinggi.

    "Dengan hadirnya kapal HSC 32-02 diharapkan mampu meningkatkan daya gentar terhadap pelaku kejahatan penyelundupan, yang secara tidak langsung akan menekan niat dan mereduksi aktivitas penyelundupan," katanya. 

    Untuk Spesifikasi kapal HSC tersebut memiliki panjang 14.30 meter, lebar 3.3 meter, bahan badan alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang. 

    Ia juga mengapresiasi keberhasilan dari PT. Palind, dalam membangun HSC tersebut.

    Yang merupakan wujud kemampuan industri maritim, dalam negeri terhadap keamanan maritim nasional. 

    "Saya berharap kedelan kerja sama terus dapat berjalan dan PT. Palindk Marine Shipyard terus dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam penyediaan sarana patroli," ucapnya.