• Copyright © melayupedia.com
    All Right Reserved.
    By : MPC

    Viral, Warganet Bagikan Tips Bikin Nasi Kuning Secara Instan

    Nasi Kuning (IST)

    BATAM, MELAYUPEDIA.COM - Warga Indonesia pasti tak asing lagi dengan nasi kuning. Makanan ini kerap disajikan untuk sarapan maupun saat ada perayaan tertentu. Proses pembuatan nasi kuning juga biasanya cukup panjang dan butuh banyak bahan.

    Namun siapa sangka, seorang pria membagikan cara praktis membuat nasi kuning lewat sebuah video di Tiktok. Informasi ini dibagikan melalui akun @ajikusumahrd pada 25 Oktober 2021.

    Sebelumnya pria ini pernah membagikan cara membuat nasi kuning praktis, dengan bumbu ayam goreng instan. Ia pun memasaknya hanya dengan menggunakan rice cooker, agar bisa ditiru anak kos atau mereka yang tidak punya banyak peralatan masak.

    Setelah video tersebut viral, ia kemudian mencoba membuat nasi kuning dengan bumbu ikan goreng instan untuk memenuhi permintaan sejumlah warganet. Ia pun menerangkan langkah-langkahnya dalam video tersebut.

    Pertama, beras yang sudah dicuci diberi air dengan takaran seperti biasa dan dimasukkan ke dalam rice cooker.

    Setelah itu, pria bernama Kusumah ini menuangkan bumbu ikan goreng instan serta santan bubuk instan.Bumbu itu kemudian diaduk agar merata mengenai seluruh nasi.

    Menurut Kusumah, bumbu ikan goreng instan lebih harum karena diperlukan untuk menghilangkan bau amis ikan. Setelah bumbu tercampur rata, ia menutup rice cooker dan mulai memasak nasinya seperti biasa.

    Setelah menunggu beberapa saat, nasi pun matang dan aroma harum khas nasi kuning langsung tercium. Kusumah menjelaskan, nasi kuning yang dimasak dengan bumbu ikan goreng instan ternyata beraroma yang lebih wangi ketimbang memakai bumbu ayam goreng instan. 
    Pria ini juga mencoba nasi kuning super praktis yang dibuatnya. Ia mengaku sangat menyukainya. Pria ini bahkan memberi nilai 10 dari 10 untuk nasi kuning tersebut.

    Video ini menarik banyak perhatian warganet dan kembali viral. Belasan ribu komentar memenuhi unggahan ini. "Cocok nih buat anak kos. Modal nasi segelas dan bumbu instan Rp1.000 udah jadi nasi kuning," komentar seorang warganet.

    "Emak gue habis lihat resep ini langsung nyuruh ke warung beli bumbu ikan goreng instan sama santan instan. Padahal ini udah malem banget," komentar warganet lainnya. Sampai berita ini dibuat, video memasak nasi kuning ini sudah ditonton lebih dari 18,3 juta kali dan disukai lebih dari 1,8 juta kali.

    Beberapa bulan lalu juga beredar video memasak nasi di rice cooker. Bukannya dimasak dengan air biasa atau kaldu, seorang warganet memilih anggur merah untuk membuat nasi

    Pemilik akun TikTok @tianjc terlihat membuat nasi. anggur merah berdasarkan permintaan beberapa warganet. Minuman anggur merah sendiri cukup populer di Indonesia dan umumnya memiliki kadar alkohol sebesar 19,7 persen.

    Setelah beberapa menit, warna beras mulai terlihat kemerahan. Sekilas mirip dengan nasi merah tapi warnanya lebih mencolok usai dicampur dengan anggur merah.

    Uniknya lagi, sang pemilik akun menyebutkan bahwa tekstur nasinya tetap pulen dan cenderung serupa dengan tape ketan. Video tersebut sempat viral dan banyak dibahas warganet. Tidak sedikit yang ikut penasaran dengan cita rasa dari nasi tersebut.